Senin, 16 Juni 2014

ANALISIS SEMANTIK DARI LIRIK LAGU MAHER ZAIN-OPEN YOUR EYES






ANALISIS SEMANTIK DARI LIRIK LAGU MAHER ZAIN-OPEN YOUR EYES
Guna untuk memenuhi tugasmata kuliah linguistik di semester II



Disusun oleh: Fakhru Rozi Asalitsi




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
 PERSATUAN ISLAM GARUT 2014
ABSTRAK
Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa lirik lagu merupakan karya sastra yang menggunakan bahasa sebagai medium dan mencerminkan kehidupan masyarakat. Obyek penelitian ini adalah lirik lagu yang berjudul open your eyes yang di nyanyikan oleh Maher zain, lirik lagu ini sangat terkenal terutama oleh kalangan yang memyukai lagu-lagu realigi, dinyanyikan di berbagai kalangan. Bahasa yang terdapat dalam lagu ini tentunya memiliki makna yang perlu diungkap guna mendapat pemahaman terhadapnya. Artikel ini berupa deskripsi dari hasil analisis terhadap lagu open your eyes menggunakan pendekatan semantik.

Kata-kata Kunci: lirik lagu open your eyes, semantik Bahasa sebagai milik masyarakat tersimpan dalam diri setiap individu dapat bertingkah laku dalam wujud bahasa dan tingkah laku bahasa individu ini dapat berpengaruh luas pada anggota masyarakat yang lain. Manusia adalah makhluk sosial dalam berinteraksi tidak bisa lepas dari komunikasi antar manusia yang satu dengan yang lain, sebagai alat komunikasi, bahasa mampu mewakili pesan yang diterima oleh penerima tutur tidak akan sempurna bila tidak ada respon dari orang lain. Dengan memahami fikiran, perasaan dan gagasan orang lain.
Bahasa merupakan media untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu individu kepada individu lain, baik itu secara lisan maupun tulisan. Pernyataan tersebut sangat benar, satu orang pun tidak ada yang akan membantah dengan pernyataan tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari hampir semua aktifitas kita menggunakan bahasa, baik menggunakan bahasa lisan, bahasa tulisan maupun bahasa tubuh.
Sumarsono (2007:13) mengemukakan masyarakat itu terdiri dari individu-individu, secara keseluruhan individu saling mempengaruhi dan saling bergantung, maka bahasa yang sebagai milik masyarakat juga tersimpan dalam diri masing-masing individu. Setiap individu dapat bertingkah laku dalam wujud bahasa, dan tingkah laku bahasa individual dapat berpengaruh luas pada anggota masyarakat bahasa lain. Oleh karena itu, individu tetap terikat pada aturan permainan yang berlaku bagi semua anggota masyarakat. Bahasa berfungsi ditengah masyarakat dan berupaya menjelaskan kemampuan manusia menggunakan aturan-aturan berbahasa secara tepat dalam situasi-situasi yang bervariasi. Manusia merupakan makhluk sosial, melakukan interaksi, bekerja sama, dan menjalin kontak sosial di dalam masyarakat. Dalam melakukan hal tersebut, manusia membutuhkan sebuah alat komunikasi yang berupa bahasa.
Bahasa merupakan faktor penting untuk menentukan lancar tidaknya suatu komunikasi. Ketepatan berbahasa tidak hanya berupa ketepatan memilih kata, merangkai kalimat dan juga ketepatan melihat situasi. Artinya seorang pemakai bahasa selalu harus tahu bagaimana menggunakan kalimat yang baik, benar dan harus melihat dalam situasi apa dia berbicara, kapan dia berbicara, dimana dia berbicara, dengan siapa dia berbicara dan untuk tujuan apa dia berbicara.
Penelitian terhadap suatu bahasa memilki ranah yang luas untuk memperoleh kejelasan dalam penelitian ini maka perlu diketahui bahwa penelitian ini memilih salah satu sub disiplin struktur bahasa, yaitu semantik. Dalam cabang ilmu bahasa semantik merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makna yang berada di luar gramatikal bahasa yang berbeda dengan morfologi dan sintaksis yang berada pada tataran gramatika bahasa. Cakupan semantik sangat luas mencakup semua tataran bahasa, baik kata, frase, klausa, kalimat, paragraf maupun wacana. Dengan demikian, semantik adalah ilmu makna, membicarakan makna bahasa (Pateda, 2010:9).
Semantik adalah cabang linguistik yang membahas arti atau makna, baik itu makna leksikal maupun makna gramatikal (Verhaar, 2006:13). Dijelaskan bahwa semantik sebagai ilmu yang mempelajari tentang makna atau arti yang ada pada tatabahasa morfologi, sintaksis maupun leksikon. Semantik dibagi dua antara lain, semantik gramatikal dan semantik leksikal. Oleh karena itu makna gramatikal, makna fungsional, makna struktural, atau makna internal. Makna yang muncul dikarenakan akibat berfungsinya suatu kata dalam kalimat sedangkan makna leksikal yaitu, makna suatu kata terdapat dalam kata yang berdiri sendiri.
Pateda (2010:65) berpendapat bahwa semantik merupakan disiplin linguistik yang membahas secara mendalam tentang sistem makna. Melalui objek makna semantik dapat dikaji melalui banyak segi penggunaan teori yang berbeda aliran dalam linguistik. Jadi dengan semantik kita dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan makna, bagaimanakah wujud makna, apakah jenis makna, apa saja yang berhubungan dengan makna, apakah komponen makna, apakah makna berubah, mengapa makna berubah, apakah setiap kata hanya memiliki satu makna atau lebih, bagaimanakah agar kita mudah memahami sebuah kata, semuanya dapat ditelusuri melalui disiplin ilmu yang disebut dengan semantik.
Berkaitan dengan objek dalam analsis ini perlu dijelaskan tentang lirik lagu yang berhubungan dengan karya sastra . Bentuk karya sastra sangat beragam, karya sastra dapat berbentuk tulisan seperti puisi, prosa, cerpen dan novel. Kaitannya dengan bentuk, karya sastra juga berhubungan dengan karya seni kadang karya seni menginspirasi karya sastra dan sebaliknya karya sastra melengkapi karya seni seperti drama, lagu-lagu dan teater. Sastra dalam lirik dan drama sering memakai musik. Sastra juga bisa dijadikan tema seni lukis atau seni musik terutama pada seni tarik suara dan musik (Wellek & Warren, 1995:160)
. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan objek lirik lagu open your eyes. Lirik lagu termasuk dalam genre sastra karena lirik lagu adalah karya sastra utama dari puisi yang berisi curahan perasaan pribadi atau masalah publik, susunan kata sebuah nyanyian (Nyoman, 2009:425). Oleh karena itu lirik sama dengan puisi namun disajikan dengan nyanyian yang diiringi oleh musik dan termasuk dalam genre sastra imajinatif.
Setiap lagu pasti mempunyai tujuan tertentu yang ingin disampaikan kepada masyarakat sebagai pendengarnya. Lirik lagu berisi barisan kata-kata yang dirangkai secara baik dengan gaya bahasa yang menarik oleh komposer dan dibawakan dengan suara merdu supaya dapat dinikmati oleh para pendengar dengan baik. Lirik lagu terbentuk dari bahasa yang dihasilkan dari komunikasi antara pencipta lagu dengan masyarakat penikmat lagu sebagai wacana tulis karena disampaikan dengan media tulis pada sampul albumnya dapat juga sebagai wacana lisan melalui kaset. Lirik lagu merupakan ekspresi seseorang dari dalam batinnya tentang sesuatu hal baik yang sudah dilihat, didengar maupun dialami.
By: Maher Zain – open your eyes
Look around yourselves Can’t you see this wonder Spreaded infront of you The clouds floating by The skies are clear and blue Planets in the orbits The moon and the sun Such perfect harmony Let’s start question in ourselves Isn’t this proof enough for us Or are we so blind To push it all aside.. No.. We just have to Open our eyes, our hearts, and minds If we just look bright to see the signs We can’t keep hiding from the truth Let it take us by surprise Take us in the best way (Allah..) Guide us every single day.. (Allah..) Keep us close to You Until the end of time.. Look inside yourselves Such a perfect order Hiding in yourselves Running in your veins What about anger love and pain And all the things you’re feeling Can you touch them with your hand? So are they really there? Lets start question in ourselves Isn’t this proof enough for us? Or are we so blind To push it all aside..? When a baby’s born So helpless and weak And  you’re watching him growing.. So why deny Whats in front of your eyes The biggest miracle of life.. Allah.. You created everything We belong to You Ya Robb we raise our hands Forever we thank You.. Alhamdulillah..
Artinya:By: Maher Zain - membuka mata Anda
Lihatlah di sekitar dirimu Tidak bisakah kau melihat keajaiban ini Tersebar infront dari Anda Awan mengambang oleh Langit yang jelas dan biru Planet di orbit Bulan dan matahari Harmoni yang sempurna seperti Mari kita mulai pertanyaan dalam diri kita sendiri Bukankah ini bukti cukup bagi kita Atau kita begitu buta Untuk mendorong semua samping .. No . Kita hanya harus Membuka mata kita , hati kita , dan pikiran Jika kita hanya terlihat cerah untuk melihat tanda-tanda Kita tidak bisa terus bersembunyi dari kebenaran Biarkan membawa kita terkejut Bawa kami dengan cara terbaik ( Allah. . ) Membimbing kita setiap hari .. ( Allah. . ) Membuat kita dekat dengan Anda Sampai akhir waktu Lihatlah ke dalam dirimu Seperti urutan yang sempurna Bersembunyi di dirimu Berjalan di pembuluh darah Anda Bagaimana dengan kemarahan cinta dan rasa sakit Dan semua hal yang Anda merasa Dapatkah Anda menyentuh mereka dengan tangan Anda ? Jadi, apakah mereka benar-benar ada ? Mari kita mulai pertanyaan dalam diri kita sendiri
Bukankah ini bukti cukup bagi kita ? Atau kita begitu buta Untuk mendorong semua samping .. ? Ketika lahir bayi Jadi tak berdaya dan lemah Dan kau mengawasinya tumbuh .. Jadi mengapa menyangkal apa di depan mata Anda Keajaiban terbesar dalam hidup, Buka mata dan hati dan pikiran Jika Anda hanya terlihat cerah untuk melihat tanda-tanda Kita tidak bisa terus bersembunyi dari kebenaran Biarkan membawa kita terkejut Bawa kami dengan cara terbaik ( Allah. . ) Membimbing kita setiap hari .. ( Allah. . ) Membuat kita dekat dengan Anda Sampai akhir waktu  Allah Engkau telah menciptakan segala sesuatu Kami milik Anda Ya Robb kami mengangkat tangan kami Selamanya kita berterima kasih ..
Alhamdulillah ..
Makna Asosiatif
Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dapat dipaparkan penjelasan mengenai makna asosiatif dalam lirik lagu open your eyes. Berikut deskripsi hasil analisis makna asosiatif yang terdapat dalam lirik lagu open your eyes. Look around yourselves Can’t you see this wonder Spreaded infront of you The clouds floating by The skies are clear and blue Planets in the orbits The moon and the sun Such perfect harmony Let’s start question in ourselves Isn’t this proof enough for us Or are we so blind To push it all aside.. No.. We just have to Open our eyes, our hearts, and minds If we just look bright to see the signs We can’t keep hiding from the truth Let it take us by surprise Take us in the best way (Allah..) Guide us every single day.. (Allah..) Keep us close to You Until the end of time.. Look inside yourselves Such a perfect order Hiding in yourselves Running in your veins What about anger love and pain And all the things you’re feeling Can you touch them with your hand? So are they really there? Lets start question in ourselves Isn’t this proof enough for us? Or are we so blind To push it all aside..? When a baby’s born So helpless and weak And  you’re watching him growing.. So why deny Whats in front of your eyes The biggest miracle of life.. Allah.. You created everything We belong to You Ya Robb we raise our hands Forever we thank You.. Alhamdulillah..
Pada lirik lagu di atas baris pertama terdapat kata mata (eyes)  yang bermakna mata yang tadak melihat. Dari kata tersebut dapat dikiaskan kedalam yang hal baru seperti yang lagi tidur dan bermimpi, dan masih belum bangun untuk membuka mata, dan belum mempercayai bahwa semua yang di lihatnya dan semua yang di rasakannya adalah ciptaan Allah SWT. Dan dalam baris ke tiga terdapat kata keajaiban (wonder) berarti hal yang menakjubkan yang yata dan bisa dilihat oleh manusia dan makhluk hidup lainya, dan dalam hal ini keajaiban tidak timbul dengan sendirinya, contohnya matahari, bulan, bulan, orbit dan lain-lain. Itu adalah sebuah keajaiban dan keindahan yang tidak timbul dengan sendirinya, dan itu semua adalah ciptaan Allah SWT. Arti lebih jelas dari kata mata dan keajaiban itu menunjukan adanya sang kholik (pencipta), keajaiban adalah hasilyang di ciptakanNya dan mata manusia adalah cara untuk melihat hasil ciptaanNya. tapi banyak manusia yang tidak pernah membuka matanta, untuk mengetahui siapa pencipta semua ini.
 Kemudian dari baris ke lima melanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang awan yang mengembang yang sangat indah di lihat di langit yang jelas dan biru, kata awan dan langit biru itu merupakan kata yang sama. Arti dari kata awan dan langit yang biru itu dapat di artikan sebagai keajaiban yang begitu menakjubkan dan keindahan yang tiada bandingan nya, yang di captakan Allah untuk makhluk ciptaanNya.
kemudian kata Membuka mata dan melihat tanda-tanda dalam bagian lirik di atas itu dapat termasuk kedalam makna asosiasi, membuka mata bermana utntuk supaya kita bisa melihat begitu besar citaanNya, dan kata melihat tanda-tanda itu bermakna tanda-tanda kekuasaan Allah itu sangat lah besar.
Keta selanjutnya dalam lirik di ats. membing-bingbing kita setiap hari dan dapat di kiaskan denngan seorang orang tua yang slalu membimbing, dan melatih anaknya setiap hari. Dan dalam baris selanjutnya terdapat kata sampai akhir waktu. Dan dapat di kiaskan dengan orang tua yang slalu mengajarkan sesuatu yang bermanfaat anaknya sampai ajal tiba. Dari kedua kata tersebut yakni membimbing setiap hari dan sampai akhir waku daat di asosiasikan bahwa Allah swt. Tidak akan pernah tidur tidak akan pernah melepaskan pendangannya kepada kita se detik pun Allah akan slalu membibing kita( yang selalu berusaha mencari rihonya) dijalan, sampai akhir waktu/akhir jaman Allah akan selau ada, dan kita selaku orang muslim harus tetap selalu meminta rahmat dan magfirah-Nya.
Makna Stilistik
Rangkaian kata dan kalimat dalam bait lirik lagu lopen your eyes berbentuk simile, perumpamaan dan epos yang panjang. Berupa rangakian cerita perjalan suatu kegiatan dari awal membuka mata sampai pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara bertingkat ajakan berpegang teguh pada tali Allah.
Maksud dari cerita yang disampaikan secara ringkas, padat tersebut membuat lirik lagu ini sarat makna stlistika, metafora-metafora dapat ditemukan seperti yang terdapat dalam uraian di atas pada makna kias, sesungguhnya merupakan perumpamaan-perumpamaan, yang memiliki muatan stilistik.
Makna afektif
makna yang muncul akibat reaksi pendengar atua pembaca terhadap penggunaan bahasa, setelah mendengar lirik lagu ini dinyanyikan maka akan dirasakan makna afektif diantaranya, ajakan pengarang kepada pendengar untuk membuka mata, hati ban pikiran dengan menyikapi tanda-tanda kekuasaan Allah,  suatu hal yang tidak tahu menjadi tahu seperti yang tersirat dalam kalimat. Kita hanya harus Membuka mata kita , hati kita  dan pikiran Jika kita hanya terlihat cerah untuk melihat tanda-tanda Kita tidak bisa terus bersembunyi dari kebenaran Biarkan membawa kita terkejut Bawa kami dengan cara terbaik Allah. Pembaca atau pedengar secara sadar atau tidak sadar akan merasa diperingatkan untuk berusaha memperbaiki diri terutama dalam menyikapi mentafaquri ciptaan Allah seperti dalam kalimat melihat tanda-tanda (kekuasaan Allah).
Makna kolokatif
Makna kolokatif wujud dalam kata-kata yang digunakan pengarang untuk menunjukkan suatu gambaran tentang keajaiban yang digambarkan pengarang. Kata-kata yang terdpat dalam lirk lagu open your eyes lebih banyak behubungan dengan tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Sepeti kata Awan mengambang(The clouds floating), Langit yang jelas dan biru (skies are clear and blue), Planet di orbit (Planets in the orbits), Bulan dan matahari yang Harmoni (moon and sun Such perfect harmony). kata-kata tersebut memberikan gambaran umum yang berhubungan dengan betapa begitu besarnya kekuasaan Allah. Sasaran penciptaan lirik lagu ini bukan ditujukan pada suatu ruang khusus, artinya tidak hanya ditujukan sebagai pengkhususan kepada seorang yang belum membuka matanya atau tidak tau siapa yang memiliki semua ini, pencerahan kepada seorang yang sedang dalam perjalanan masuk Agama Islam, sebagian golongan manusia, mungkin gender atau status social, tetapi lebih luas, lirik lagu ini ditujukan kepada setiap pribadi secara universal hubungan dirinya dengan Allah SWT.



Kesimpulan
Bedasarkan analisis terhadap lagu Maher Zain-open your eyes dengan pendekatan semantik khususnya jenis semantik asosiatif dapat disimpulkan bahwa dalam lirik lagu diatas terdapat makna kias, makna kolokatif, makna afektif. Makna kias terdapat dalam kata-kata mata(eyes), keajaiban(wonder), langit yang jelas dan biru(skies are clear and blue), awan yang mengembang (the cloud flaoting), Membuka mata (open eyes) dan melihat tanda-tanda (see the signs) .Makna stilistik berupa metafora-metafora yang juga berfungsi sebagai makna kias dan memperindah bunyi. Secara utuh lirik lagu ini berupa epos simile, sebuah cerita dalam perumpamaan.makna afetktif berupa ajakan, untuk lebih bisa mentafaquri nikmat yang Allah berikan, menjalankan syariat agama Islam secara bertahap ban mempelajarinya lebih dalam lagi. Makna konotatif  hampir terdapat dalam setiap baris lirikm lagu open your eyes tetapi belum saya bahas semuanya, kata-kata maupun kalimatnya merupakan acuan dari luar leksikalnya. Yang menceritakan tentang betapa besarnya kekuasaan Allah.

Tidak ada komentar: